News


Senin, 01 Maret 2021 - 22:31:28 WIB
Sabet Gelar Best Director, Chloé Zhao Catatkan Sejarah Di Golden Globe 2021
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 235 kali

Warga Asia di berbagai belahan dunia menyambut antusias dan juga penuh rasa haru saat sutradara film NomadlandChloé Zhao, menyabet piala Best Director di galeran anugerah film tahunan, Golden Globe Awards ke-78 yang berlangsung di tanggal 28 Februari ini.

Kemenangan Zhao (38) ini memang layak untuk dirayakan mengingat ia telah mencatatkan sejarah dengan kemenangannya ini. Bukan hanya menjadi sutradara perempuan kedua di sepanjang sejarah Golden Globe, selepas Barbra Streisand di tahun 1984 berkat film Yentl, namun juga menjadi perempuan berdarah Asia pertama yang memenangkan piala kategori ini.

Streisand sendiri menyempatkan untuk memberi selamat kepada Zhao melalui akun Twitter miliknya.

 

 

Dalam sambutan kemenangan yang dilakukan di rumahnya melalui zoom, Zhao menyebutkan jika piala tersebut adalah milik seluruh tim Nomadland. Ia juga berterima kasih kepada setiap pihak yang terlibat sehinngga memungkinkan dirinya untuk mengerjakan apa yang disukainya.

Piala yang diraih oleh Zhao ini juga bisa menjadi arti jika banyak orang yang memiliki mimpi yang sama dengan dirinya juga memiliki kesempatan untuk meraih prestasi tinggi seperti piala Golden Globe. Oleh karenanya tidak heran jika kemenangan Zhao pun menjadi terasa sangat inspirasional.

Zhao terpilih sebagai penerima piala dengan mengalahkan barisan nominee lain di kategori yang sama, yang sebagian besar juga adalah perempuan, yaitu Emerald Fennell (Promising Young Woman), Regina King (One Night in Miami…), David Fincher (Mank) dan Aaron Sorkin (The Trial of the Chicago 7).

Nomadland adalah susulan sutradara kelahiran Beijing ini setelah Songs My Brothers Taught Me dam The Rider. Saat ini ia sedang mengerjakan film blockbuster/adaptasi komik Marvel pertamanya, The Eternals.

Selain menobatkan Zhao sebagai sutradara terbaik, Nomadland juga menyabet piala Best Motion Picture – Drama, bersanding dengan Borat Subsequent Moviefilm yang meraih anugerah Best Motion Picture – Musical or Comedy.

Sementara itu, kategori Best Motion Picture – Foreign Language disabet oleh film Amerika Serikat yang digarap oleh sutradara berdarah Korea, Lee Isaac Chung, yaitu Minari. Sedangkan kategori Best Motion Picture – Animated jatuh ke animasi Disney dan Pixar, Soul.

Di kategori akting, penyanyi Andra Day terpilih sebagai penerima piala Best Actress in a Motion Picture – Drama berkat aktingnya sebagai Billie Holiday dalam The United States vs. Billie Holiday. Sedang Best Actress in a Motion Picture – Drama jatuh secara anumerta kepada Chadwick Boseman atas aktingnya dalam Ma Rainey’s Black Bottom.

Karakter pengacara manipulatif yang diperankan Rosamud Pike dalam I Care a Lot membawa dirinya menerima piala Best Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy. Dan Best Actor in a Motion Picture – Musical or Comedy adalah Sacha Baron Cohen dalam Borat Subsequent Moviefilm.

Diselenggarakan oleh Hollywood Foreign Press Association, Golden Globe ke-78 berlangsung nyaris dua bulan setelah jadwal biasanya, mengingat pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Karena itu perhelatan dilakukan dengan memerhatikan protokol kesehatan, sehingga para nominee “menghadiri” acara di rumah masing-masing secara virtual.

Duo Tina Fey dan Amy Poehler kembali dilibatkan sebagai host, meski masing-masing membawakan dari dua tempat yang berbeda, yaitu Rainbow Room di kota New York dan The Beverly Hilton di Beverly Hills, California.

Berikut para pemenang Golden Globe 2021:

  • Best Motion Picture – Musical or Comedy: “Borat Subsequent Moviefilm”
  • Best Motion Picture – Drama: “Nomadland”
  • Best Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy: Rosamund Pike – “I Care a Lot”
  • Best Actor in a Motion Picture – Musical or Comedy: Sacha Baron Cohen – “Borat Subsequent Moviefilm”
  • Best Actor in a Motion Picture – Drama: Chadwick Boseman – “Ma Rainey’s Black Bottom”
  • Best Actress in a Motion Picture – Drama: Andra Day – “The United States vs. Billie Holiday”
  • Best Motion Picture – Animated: “Soul”
  • Best Actress in a Supporting Role in Any Motion Picture: Jodie Foster – “The Mauritanian”
  • Best Actor in a Supporting Role in Any Motion Picture: Daniel Kaluuya – “Judas and the Black Messiah”
  • Best Motion Picture – Foreign Language: “Minari”
  • Best Screenplay – Motion Picture: Aaron Sorkin – “The Trial of the Chicago 7”
  • Best Director – Motion Picture: Chloe Zhao – “Nomadland”
  • Best Original Song – Motion Picture:“Io Si”; Diane Warren, Laura Pausini, Niccolo Agliardi – “The Life Ahead”
  • Best Original Score – Motion Picture: Trent Reznor, Atticus Ross, Jon Batiste – “Soul”
  • Carol Burnett Award: Norman Lear
  • Cecil B. DeMille Award: Jane Fonda

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.