News


Jumat, 30 Januari 2015 - 19:47:44 WIB
Film India Terlaris 'PK' Siap Tayang Di China
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2811 kali

Komedi satir arahan Raju Hirani, PK, saat ini mencatatkan sejarah sebagai film India terlaris sepanjang masa. Film yang berkisah tentang "petualangan" seorang alien bernama Pee-kay (diperankan Aamir Khan) di bumi tersebut saat ini telah meraih sekitar US$100 juta untuk peredarannya di seluruh dunia. Luar biasa!

Dan jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah, mengingat film yang dirilis pada tanggal 19 Desember 2014 lalu masih betah tayang di berbagai bioskop, baik di India, maupun di berbagai belahan dunia lain. Kabar lebih lanjut, PK juga akan ditayangkan di China, yang saat ini merupakan salah satu negara yang menggiurkan untuk meraup dollar bagi sebuah film. 

Hollywood Reporter melaporkan jika UTV Motion Pictures milik Disney India, telah mengumumkan akan perilisan PK di China. Menurut pernyataan mereka, PK merupakan film India pertama hak tayangnya diambil langsung oleh distributor China, yaitu China Film Group dan Huaxia Film Group. 

(Sumber foto: The Hollywood Reporter)

Tidak hanya itu, PK juga merupakan film India yang akan ditayangkan secara luas, yaitu lebih dari 3.500 layar. Meski belum diketahui tanggal pasti perilisan film, tapi juru bicara Disney-UTV menyebutkan jika PK akan segera tayang dalam waktu dekat. 

Film India terakhir yang rilis di China adalah film laga Dhoom 3, yang tayang pada bulan Juli tahun lalu dan diputar di sekitar 2.000 layar oleh distributor HGC Entertainment. Saat itu merupakan rekor tersendiri untuk film India yang edar di China. Negara tirai bambu ini mulai menayangkan film India secara luas mulai tahun 2011, yaitu dengan beredarnya film 3 Idiots, yang juga dibintangi oleh Khan dan disutradarai oleh Hirani. 

Penandatanganan perilisan PK di China dilakukan di Beijing pada tanggal 27 Januari yang lalu dan dihadiri duta besar India untuk China, Ashok Kanta, serta pejabat kementrian press, publikasi, radio, film dan televisi China, Tong Gang, bersama staf pimpinan China Film Group dan Huaxia Film Group. Turut hadir adalah Hirani, produser Vidhu Vinod Chopra, dan tentunya Amrita Pandey dari Disney India.

This direct collaboration with China Film Group and Huaxia Film Group for PK is a proud moment not just for us at the studio but also for the Indian movie industry as a whole,” demikian pernyataan Pandey. “It is exciting that just after six weeks of the theatrical release of PK, the film has resonated and is finding an audience in many new markets.”

Apakah PK juga akan menuai kesuksesan yang sama di China? Tentunya akan kita ketahui setelah masyarakat China juga antusias mengapresiasi satir tentang ketuhanan dan agama yang disampaikan oleh PK.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.