Feature


Selasa, 01 Juni 2021 - 22:28:02 WIB
Film David Fincher, Seven, Menjadi Inspirasi Untuk The Conjuring 3
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 656 kali

Judul ketiga dari seri The ConjuringThe Conjuring: The Devil Made Me Do It, ternyata terinspirasi dari film thriller psikologis klasik karya David FincherSeven (1995). Demikian yang diungkap oleh sang sutradara, Michael Chaves.

Film horor yang dibintangi oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga sebagai pasutri penyelidik fenomena paranormal, Ed an Lorraine Warren tersebut memang sukses menakuti-nakuti para penonton di berbagai belahan dunia. Franchise dimulai dengan The Conjuring (2013) dan kemudian diikuti dengan The Conjuring 2 (2016).

Judul ketiganya ini merupakan susulan dari judul-judul lain dari semestanya, yaitu The Curse of La Llorona dan Annabelle Comes Home, keduanya dirilis di tahun 2019, yang memuaskan para penggemar sebelum pandemi menyebabkan jaringan bioskop menutup diri.

Di film ketiga ini Ed dan Lorraine menyelidiki kasus sensasional, “Devil Made Me Do It,” yang dikenal sebagai yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat di mana kerasukan setan menjadi alasan pembelaan dalam sebuah kasus hukum di pengadilan.

Tema inilah yang menyebabkan The Conjuring 3 menjadi sedikit berbeda dengan para pendahulunya yang lebih mengedepankan konsep “rumah berhantu.” Film kini akan menyajikan genre yang memadukan antara horor supernatural dengan thriller investigatif.

Sebagaimana yang terungkap dalam wawancaranya bersama majalah Total Film, Michael mengaku sebagai pengemar Seven dan merasa sangat antusias untuk mencoba pendekatan yang sama untuk franchise The Conjuring. Oleh karenanya, meski bahasa dan terminologi supernatural masih digunakan, namun pendekatannya lebih kepada proses investigasi.

Film garapan Fincher itu sendiri menghadirkan seorang pembunuh berantai yang membunuh orang berdasarkan 7 dosa pokok yang diajarkan dalam Kekristenan. Film dibintangi oleh Brad Pitt dan Morgan Freeman sebagai sepasang detektif yang mencoba menangkap sang pembunuh berantai.

Seven mendapat pujian tidak hanya karena gaya visualnya yang khas, namun juga nuansa neo-noir dan juga temanya yang subversif. Film diakhiri dengan adegan yang “mengerikan” namun juga sangat berkesan, dengan fans masih mengutip dialog ikonik dalam adegan tersebut, “what’s in the box?

Hampir tiga dekade kemudian, Seven masih menginspirasi banyak film, termasuk franchise horor Saw, yang baru saja melepas judul terbarunya, Spiral. Kini, para penggemar baik The Conjuring dan Seven bisa mengharapkan pengaruh Fincher dalam The Conjuring: The Devil Made Me Do It.

Dengan semakin berkembangnya semesta The Conjuring melalui berbagai sempalan atau spin-off, memang sebuah langkah yang bijak untuk memperkenalkan genre dan gaya baru dalam film-film mendatangnya.

Formula detektif dalam Seven bisa menjadi pakem yang pas untuk Ed dan Lorraine, yang memang mendekati kasus mereka dalam teknik penyelidikan ala detektif. Meski begitu, bagi yang masih mengharapkan elemen horor supernatural, tidak usah takut, karena berdasarkan review atau ulasan yang sudah bermunculan, disebutkan jika film akan tetap menghadirkan ketakutan akibat setan yang menghantui.

The Conjuring: The Devil Made Me Do It akan tayang mulai tanggal 4 Juni, serentak di bioskop dan platform streaming HBO Max. Film dibintangi juga oleh Ruairi O’Connor, Sarah Catherine Hook, Julian Hilliard dan Ingrid Bisu.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.