Review

Info
Studio : Village Roadshow Pictures/Mad Chance Productions/22nd & Indiana Pictures/Malpaso Productions
Genre : Action, Biography, Drama
Director : Clint Eastwood
Producer : Clint Eastwood, Robert Lorenz, Andrew Lazar, Bradley Cooper, Peter Morgan
Starring : Bradley Cooper, Sienna Miller, Max Charles, Luke Grimes, Kyle Gallner

Minggu, 15 Maret 2015 - 20:08:28 WIB
Flick Review : American Sniper
Review oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 3120 kali


Diadaptasi dari buku American Sniper: The Autobiography of the Most Lethal Sniper in U.S. Military History yang ditulis oleh Chris Kyle bersama dengan Scott McEwen dan Jim DeFelice, film teranyar yang diarahkan oleh Clint Eastwood ini mengisahkan mengenai perjalanan hidup dari Chris Kyle, seorang penembak jitu asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai penembak jitu paling mematikan dalam sejarah militer negara adidaya tersebut. Naskah cerita yang digarap oleh Jason Hall (Paranoia, 2013) sendiri memberikan ruang yang sangat luas bagi penonton untuk mengenal kepribadian seorang Chris Kyle dan bagaimana perang mampu mempengaruhi stabilitas pemikiran sekaligus emosinya. Sayang, lebih dari itu, American Sniper tidak mampu memberikan sudut pandang lain mengenai dunia peperangan yang akhirnya menjadikan jangkauan penceritaan film ini gagal untuk tampil lebih kuat dan mendalam.

Pada banyak bagian penceritaan, American Sniper memfokuskan dirinya pada sosok sang karakter utama, Chris Kyle (Bradley Cooper). Karakter Chris Kyle digambarkan sebagai sosok pria yang semenjak kecil telah ditempa dengan jalan pemikiran konservatif oleh sang ayah, mulai dari pandangan mengenai agama, jalan hidup hingga sikap kebangsaan. Tempaan itu pula yang akhirnya membuat karakter Chris Kyle menjadi sosok pria yang tangguh dan lantas merelakan dirinya untuk ambil bagian di dunia militer ketika ia melihat bahwa negara Amerika Serikat sedang berada dalam ancaman bahaya terorisme. Setelah melalui berbagai pelatihan, Kyle akhirnya terpilih untuk terjun langsung ke Irak pasca terjadinya serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat. Secara perlahan, Kyle mulai mendapatkan respek dan bahkan menjadi penembak jitu paling dapat diandalkan dalam angkatan militer Amerika Serikat. Namun, di saat yang bersamaan, perang juga mempengaruhi kesehatan mental Kyle yang jelas memberikan efek panjang dalam kehidupan pria tersebut termasuk dengan hubungan Kyle dengan istrinya, Taya Renae Kyle (Sienna Miller).

Fokus utama yang diberikan American Sniper pada karakter Chris Kyle sebenarnya dapat saja digarap Eastwood dengan nada penceritaan yang lebih personal dan dramatis. Namun, seperti yang dapat dirasakan pada beberapa film arahan Eastwood lainnya, American Sniper tidak dapat dibantah memiliki muatan politis yang cukup kental. Disinilah lantas celah kelemahan penceritaan film mulai muncul. Pandangan politik Eastwood yang konservatif mengenai perang, sikap kepahlawanan dan rasa cinta tanah air cenderung hadir dalam nada penceritaan yang sempit dan monoton. Inilah mengapa beberapa bagian penceritaan American Sniper yang hadir tanpa kehadiran karakter Chris Kyle terasa menjemukan. Muatan politis Eastwood menjadi beban tersendiri karena gagal untuk dapat dikembangkan dengan lebih baik. Ibarat banyak politikus lain, Eastwood terasa memberikan kampanye tentang pandangan politiknya sendiri tanpa pernah merasa bahwa dunia lebih besar daripada pandangannya tersebut.

Di sisi lain, tidak dapat terbantahkan bahwa Eastwood juga mampu mengeluarkan performa terbaik dari setiap sisi filmnya. Dari departemen akting, Eastwood mampu menghadirkan penampilan akting terbaik dari setiap jajaran pemeran. Bradley Cooper tampil sangat, sangat mengesankan sebagai Chris Kyle. Merupakan penampilan akting terbaik Cooper di sepanjang karir filmnya hingga saat ini, Cooper mampu menjiwai setiap detil jatuh bangun mental karakter yang ia perankan dengan begitu hidup. Kharisma Cooper yang begitu kuat menjadikan karakter Chris Kyle terlihat begitu mudah disukai – terlepas dari cara pandangnya tentang peperangan – sekaligus menyentuh ketika berhadapan dengan berbagai problema kehidupannya. Cooper membawa penceritaan American Sniper dengan begitu sempurna. Chemistry yang ia bangun dengan Sienna Miller juga begitu erat dan mampu menjadikan sisi personal film menjadi lebih menonjol. Bantuan penampilan kuat dari para pemeran pendukung lain juga berhasil menjadikan American Sniper tampil dengan kualitas akting yang begitu berkelas.

Sebagai sebuah film yang bercerita mengenai dunia peperangan, Eastwood juga mampu menyajikan tatanan teknis yang akan mampu membawa para penontonnya ke tengah-tengah peperangan itu sendiri. Penuh dengan darah, ledakan serta suara desingan peluru, tampilan teknis American Sniper yang begitu kuat jelas menjadikan film ini berada pada jajaran film-film terbaik tentang dunia peperangan yang pernah dibuat oleh Hollywood.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.