News


Kamis, 03 Maret 2022 - 14:33:14 WIB
Kilas Balik Perjalanan Karir Hailee Steinfeld
Diposting oleh : Salsabila Nan Fakhira - Dibaca: 484 kali

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang penting bagi aktris muda, Hailee Steinfeld, yang telah membintangi 3 serial televisi besar yaitu Dickinson, Hawkeye, dan Arcane. Hailee Steinfeld sudah berkarier dalam bidang akting selama 15 tahun dan memulai karier sebagai aktris sejak ia berusia 10 tahun. Mari kita melihat kilas balik perjalanan karier dari aktris muda ini dan membahas karya-karyanya yang dibangun sejak 15 tahun yang lalu.

Hailee Steinfeld lahir pada bulan Desember 11, tahun 1996 membuatnya sekarang berusia 25 tahun. Steinfeld pertama memulai akting saat usianya berumur 10 tahun di tahun 2007, pada awalnya ia membintangi beberapa film pendek, termasuk film yang meraih penghargaan di beberapa film festival berjudul She’s a Fox. Ia mulai menunjukkan minat dalam akting setelah melihat sepupunya yang membintangi iklan-iklan televisi, dan lalu memulai mengambil kelas akting sebelum ia mengikuti audisi untuk peran-peran film.

Pada tahun 2010, saat Steinfeld berusia 13 tahun, ia mendapatkan peran sebagai Mattie Ross dalam film True Grit yang merupakan debut film box officenya. Untuk mendapatkan peran dalam film ini, Steinfeld mengikuti audisi yang diadakan pada tahun 2009, dan ia berhasil lolos audisi mengalahkan lebih dari 15,000 anak perempuan lainnya yang mengikuti audisi tersebut. Film True Grit ini lah yang membuat karier Steinfeld sebagai aktris muda di Hollywood meroket. Peran Steinfeld sebagai Mattie Ross dalam film ini mendapatkan pujian dari berbagai kritik, termasuk Time Magazine yang menyebut penampilannya sebagai salah satu ‘Top 10 of 2010’. Selain mendapat banyak pujian untuk perannya di True Grit, Steinfeld juga berhasil meraih sebuah nominasi dalam kategori Best Supporting Actress di acara penghargaan penting dalam dunia film yaitu Academy Awards yang ke-83, membuatnya menjadi salah satu aktris termuda yang pernah mendapatkan nominasi ajang perhargaan tersebut di usianya yang ke-14 tahun.

 

 

Setahun setelahnya, Steinfeld mendapatkan peran sebagai Juliet Capulet dalam film adaptasi Romeo and Juliet di tahun 2013, berlawan main dengan aktor Inggris Douglas Booth sebagai Romeo. Namun sayangnya, film adaptasi ini mendapatkan review yang kurang bagus di Amerika Serikat dan juga secara internasional. Pada tahun yang sama, Steinfeld membintangi film science-fiction berjudul Ender’s Game bersama dengan Harrisson Ford dan juga aktor muda Asa Butterfield. Film ini mendapatkan review dan rating yang cukup bagus dari kritik dan penonton secara umum. Selain itu, Steinfeld juga bermain sebagai salah satu protagonis di film Begin Again yang juga dibintangi oleh bintang-bintang ternama seperti Mark Ruffalo, Keira Knightley, dan Adam Levine. Film tersebut pertama diputar pada September 2013 di Toronto International Film Festival, namun baru diputar secara keseluruhan di tahun 2014. Peran utama yang dimainkan oleh Steinfeld dalam film-film tersebutlah yang membuatnya menjadi tambah terkenal di media mainstream.

Tahun 2015 merupakan tahun yang cukup sibuk bagi Hailee Steinfeld. Ia membintangi film drama Ten Thousand Saints bersama lawan mainnya di Ender’s Game, Asa Butterfield, yang ditayangkan pada Januari 2015 di Sundance Film Festival. Steinfeld juga mendapatkan peran sebagai Emily Junk dalam film Pitch Perfect 2 yang merupakan sekuel dari trilogy musikal-komedi ternama berjudul Pitch Perfect. Film ini mendapat rating yang cukup bagus dan kritik menyebutnya sebagai film yang menghibur. Peran Steinfeld dalam film ini juga membantu kepopulerannya dalam dunia film. Selain membintangi film Hollywood, Steinfeld juga sempat mendapatkan peran sebagai pengisi suara dalam film animasi Jepang When Marnie Was There versi bahasa Inggris yang merupakan film oleh studio animasi ternama, Studio Ghibli. Tahun ini juga menjadi tahun di mana Steinfeld memulai kariernya sebagai penyanyi dengan lagu debutnya yang berjudul Love Myself.

Steinfeld membintangi film coming of age berjudul The Edge of Seventeen sebagai peran utama Nadine Franklin di tahun 2016. Film ini menjadi salah satu film tersuksesnya yang mendapatkan rating dan review bagus di kalangan kritik dan juga audiens umum. Steinfeld juga mendapatkan sebuah nominasi Best Actress in Motion Picture Comedy or Musical dalam ajang penghargaan Golden Globes Awards 2017. Setelah The Edge of Seventeen, Steinfeld kembali berperan sebagai Emily Junk dalam film terakhir dari Pitch Perfect trilogy di tahun 2017. Lalu, di tahun 2018 Steinfeld bermain dalam 2 film, yang pertama adalah film Bumblebee yang merupakan film mengenai karakter dari serial film Transformers. Setelah itu ia mendapat peran sebagai pengisi suara dalam film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse.

Setelah tahun 2018 - 2019, Steinfeld mulai terjun ke dunia akting serial televisi. Ia mulai berkarya dalam serial televisi di tahun 2019 dengan serial original Apple TV+ berjudul Dickinson yang mengisahkan tentang penyair Amerika, Emily Dickinson. Lalu, di tahun 2021, Steinfeld membintangi 2 serial televisi yang diproduksi sebagai serial original layanan streaming Netflix dan Disney+, yaitu Arcane dan Hawkeye. Meskipun ia telah menghabiskan 3 tahun terakhirnya di industri serial televisi, Steinfeld tetap memiliki proyek film yang akan datang yang bisa kita nantikan, seperti film kedua dan ketiga dari serial film Spider-Verse yaitu Spider-Man: Across the Spider-Verse Part One & Two, yang rencananya akan dirilis tahun 2022 dan 2023.

 


 

She’s a Fox (2009)

 

 

She’s a Fox merupakan film pertama yang dibintangi oleh Hailee Steinfeld. Film ini merupakan film pendek autobiografi yang disutradarai dan ditulis oleh Cameron Sawyer, menceritakan tentang Sawyer yang duduk di bangku kelas 6 SD yang mengejar gadis paling populer di sekolahnya.

 

Film ini menjadi seleksi resmi di berbagai festival film di Amerika Serikat dan juga internasional, terutama Cannes Short Film Corner, Edinburgh International FIlm Festival, dan juga LA Shorts Fest yang merupakan festival terakreditasi oleh Academy Awards.

 


 

True Grit (2010)

 

 

True Grit menjadi salah satu film terpenting bagi Hailee Steinfeld sepanjang kariernya sebagai seorang aktris. Film ini merupakan film box office pertama yang ia bintangi. Sutradara, penulis, produser, dan editor dari film ini adalah sineas bersaudara asal Amerika, the Coen Brothers. Film ini adalah film adaptasi dari novel tahun 1968 karya Charles Portis dengan judul yang sama, menceritakan tentang gadis petani, Mattie Ross, yang mempekerjakan Cogburn, seorang penegak hukum yang suka bermabuk-mabukan, untuk mengejar seorang penjahat bernama Tom Chaney yang telah membunuh ayahnya. Selama perjalanannya, Mattie dan Cogburn ditemani oleh seorang Texas Ranger bernama LaBeouf yang juga sedang melacak Chaney karena telah membunuh seorang Senator Negara Bagian. Dalam petualangan berbahayanya, mereka bertiga masing-masing memiliki “ketabahan” (grit) yang diuji dengan berbagai cara.

 

Karena penampilannya yang hebat di umur yang masih muda, Steinfeld mendapat banyak pujian dari para kritik dan juga aktor lawan mainnya, Jeff Bridges, yang menyebut penampilannya “luar biasa”. Selain itu, Steinfeld juga berhasil meraih nominasi dalam kategori Best Supporting Actress di Academy Awards 2011 atas penampilannya di film True Grit sebagai Mattie Ross.

 


 

Begin Again (2013)

 

 

Begin Again mengikuti kisah Gretta (Keira Knightley) dan kekasihnya Dave (Adam Levine) yang berjalan menuju New York setelah Dave mendapatkan kontrak rekaman dengan label besar. Namun, Gretta tiba-tiba ditinggal sendirian oleh Dave ketika ia telah mendapatkan kesuksesan barunya. Semua itu akhirnya berubah menjadi lebih baik bagi Gretta ketika ia bertemu dengan Dan (Mark Ruffalo) dan juga anak perempuannya Violet (Hailee Stenfeld). Hubungan pertemanan mereka jadi dekat saat mereka bekerja sama dalam album pertama Gretta.

 

Peran Steinfeld dalam film ini tidak begitu besar dan film ini lebih fokus kepada karakter dewasanya, namun penampilannya tetap terlihat bagus.

 


 

Ender’s Game (2013)

 

 

Film Ender’s Game ini merupakan adaptasi dari sebuah novel tahun 1985 karya Orson Scott Card dengan judul yang sama. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Gavin Hood, dan dibintangi Asa Butterfield, Hailee Steinfeld, Harrison Ford, Ben Kingsley, dan Viola Davis. Film ini bercerita tentang Bumi yang diserang oleh ras alien di masa depan. Dalam persiapan untuk serangan berikutnya, Kolonel Graff (Harrison Ford) dan Militer Internasional berusaha menemukan pemimpin masa depan yang dapat menyelamatkan umat manusia. Ender Wiggin (Asa Butterfield), seorang pemuda yang cerdas direkrut untuk bergabung dengan tim mereka, di mana ia dilatih untuk memimpin rekan-rekan prajuritnya termasuk Petra Arkanian (Hailee Steinfeld) ke dalam pertempuran epik yang akan menentukan masa depan Bumi.

 

Peran Steinfeld dalam film ini membantu popularitasnya sebagai aktris tambah meningkat di kalangan anak muda.

 


 

Pitch Perfect 2 (2015)

 

 

Pitch Perfect trilogy merupakan salah satu trilogy ternama selama dekade tersebut. Sekuel dari serial film ini mendapatkan kritik dan rating yang cukup bagus. Dalam film ini, Steinfeld berperan sebagai Emily Junk yang merupakan mahasiswa baru di kampusnya. Ia ingin menjadi anggota dari sebuah kelompok akapela ternama di kampusnya, The Barden Bella’s. Film ini mengikuti kisah Emily dan anggota Bella’s lainnya yang berusaha untuk memperbaiki nama mereka setelah penampilan mereka yang gagal di depan Presiden Amerika Serikat.

 

Film Pitch Perfect 2 ini yang pertama menunjukkan potensi Steinfeld sebagai seorang penyanyi. Penampilannya sebagai penyanyi dan juga aktris dalam film ini membuat karier Steinfeld terus meningkat.

 


 

The Edge of Seventeen (2016)

 

​​

 

The Edge of Seventeen merupakan salah satu film coming of age tersukses dan terpopuler pada dekade lalu. Film ini mengikuti kisah seorang gadis remaja, Nadine (Hailee Steinfeld), yang memiliki masalah dengan ibu (Kyra Sedgwick) dan kakaknya, Darian (Blake Jenner), dan ia menganggap sahabatnya, Krista (Haley Lu Richardson) sebagai satu-satunya orang yang bisa ia percaya. Namun, kehidupannya menjadi lebih buruk ketika Krista mulai berkencan dengan kakaknya. Nadine lalu membangun sebuah pertemanan ynag tak terduga dengan gurunya, Mr. Bruner (Woody Harrelson), yang membantunya melewati masa sulitnya. Film ini menjadi film yang populer bagi kalangan muda karena alur cerita yang menarik, dan pembawaan karakter utama oleh Steinfeld yang bisa dianggap relatable bagi penonton anak muda.

 

Peran Steinfeld dalam film ini mendapatkan nominasi dalam kategori Best Actress in Comedy pada dua ajang penghargaan besar, yaitu Critics’ Choice Awards dan Golden Globe Awards.

 


 

Dickinson (2019 - 2021)

 

 

Dickinson bukanlah serial TV pertama yang dibintangi oleh Hailee Steinfeld. Namun, perannya sebagai Emily Dickinson merupakan peran utama pertama baginya untuk serial televisi. Latar belakang serial TV ini berada di abad ke-19, dan mengeksplorasi kisah mengenai batasan masyarakat, gender, dan juga keluarga dari perspektif penyair muda yang suka memberontak, Emily Dickinson. Kisah dari Emily Dickinson ini diceritakan melalui versi yang sangat fiksional dengan cara yang modern. Selain bermain sebagai peran utama, Steinfeld juga berperan sebagai eksekutif produser dalam serial TV ini. Steinfeld berhasil meraih nominasi Best Actress in a Streaming Series, Comedy pada ajang penghargaan Hollywood Critics Association TV Awards.

 


 

Hawkeye (2021)

 

 

Hawkeye merupakan proyek terbaru dari Hailee Steinfeld yang dirilis pada bulan November 2021. Steinfeld berperan sebagai Kate Bishop yang mengidolakan pahlawan Avengers, Hawkeye atau Clint Barton. Kisah dari serial ini berlatar setelah peristiwa Avengers: Endgame, saat Natal di New York. Clint Barton (Jeremy Renner) hanya ingin menghabiskan waktu liburnya bersama keluarga. Namun, setelah bertemu dengan pemanah muda Kate Bishop (Hailee Steinfeld), mereka berdua terjerat dalam misteri pembunuhan dan ancaman yang jauh lebih besar.

 

Sejauh ini, Hawkeye adalah proyek terbaru yang ia ikuti yang sudah dirilis. Namun, Steinfeld masih memiliki proyek mendatang dengan perannya sebagai Gwen Stacy di serial film Spider-Verse.


 

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai filmografi dari Hailee Steinfeld, bisa dilihat di sini.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.