News


Selasa, 09 April 2019 - 15:21:51 WIB
Raditya Dika Hadirkan Konflik Lebih Dewasa dalam Single Part 2
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 184 kali

Tatkala dirilis ke publik pada tahun 2015 silam, Single (Koala Kumal, Hangout) garapan Raditya Dika berhasil mendatangkan 1,3 juta penonton untuk berbondong-bondong memenuhi gedung bioskop yang sekaligus menempatkannya sebagai film Indonesia paling banyak dipirsa ke-2 pada tahun tersebut. Menilik pencapaiannya yang memuaskan, tidak mengherankan jika kemudian Soraya Intercine Films selaku rumah produksi pun memberi lampu hijau bagi pembuatan sekuel.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, “apa ya yang akan dicelotehkan oleh Raditya Dika di jilid kedua ini?”. Dalam film pertama, Dika berperan sebagai Ebi, cowok lajang berusia 27 tahun yang dilangkahi oleh adiknya. Demi mempertahankan ego di depan kedua orang tuanya, Ebi pun mencari perempuan yang bersedia menjadi kekasihnya sehingga dapat diajak menghadiri pernikahan sang adik. Setelah melewati fase pencarian yang berliku, Ebi lantas bertemu dengan Angel (Annisa Rawles) yang memberinya perspektif baru mengenai jomlo dan kebahagiaan.

Hingga film berakhir, penonton tidak pernah benar-benar diberi tahu. Apakah hubungan Ebi dan Angel berlanjut, atau mereka akhirnya hanya berteman? Melalui teaser trailer dari Single Part 2 yang baru-baru ini dirilis, ada indikasi bahwa keduanya tidak lagi bersama. Itu berarti, status jomlo Ebi yang telah melekat selama bertahun-tahun dipastikan akan terus berlanjut. Meski sekali lagi narasi berkutat soal pria lajang, Dika mencoba untuk membawanya ke arah berbeda.

Dika mencoba untuk mengelaborasi pernyataan penutup di film terdahulu dan menghadirkan topik pembicaraan yang lebih dewasa. Bukan lagi soal kenelangsaan pria lajang, melainkan tentang makna dari kebahagiaan. Lewat Single Part 2, Dika seolah ingin menepis anggapan publik yang selama ini sering mengasosiasikan jomlo dengan kesepian. “Apakah benar seseorang akan seketika nelangsa saat dia tidak memiliki pasangan? Dan apakah benar pernikahan adalah solusi untuk mencapai kebahagiaan?” adalah dua pertanyaan yang diajukan oleh film ini.

“Yang lebih ditekankan di film kedua ini sebenarnya adalah pencarian Ebi mengenai makna kebahagiaan itu sendiri. Karena saat dia merasa tidak bahagia, orang-orang sering menyebut single sebagai akar masalahnya. Orang Indonesia biasanya memang seperti itu, kan? Kalau memilih untuk menghabiskan malam Minggu sendirian malah diketawain dan diledekin. Di sini, kita akan mencoba untuk menjawab tentang makna dan sumber kebahagiaan,” urai Dika.

Disamping Raditya Dika yang sekali lagi dipercaya untuk berlakon, menulis naskah, serta menyutradarai, pemain lawas yang kembali hadir dalam Single Part 2 adalah Annisa Rawles. Berhubung Ebi dikisahkan pindah kos di film kedua ini, jajaran pemain pendukung mengalami perubahan konfigurasi sangat signifikan. Tidak ada lagi Pandji maupun Babe Cabiita, deretan pelakon di seri ini meliputi Yoga Arizona, Ridwan Remin, Arief Muhammad, dan Mentari Novel.

Menurut rencana, Single Part 2 diharapkan sudah bisa tayang di jaringan-jaringan bioskop tanah air pada libur Lebaran mendatang.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.