News


Sabtu, 22 Oktober 2016 - 20:52:44 WIB
Me Vs Mami
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2496 kali

Dengan dibekali skrip, pengarahan beserta lakonan ciamik dan bukan semata-mata bentuk perpanjangan dari video pariwisata, probabilitas sebuah road movie berakhir menggelorakan semangat dalam artian asyik buat disantap sebetulnya cenderung lebih besar ketimbang kering kerontang. Me Vs Mami, keluaran teranyar MNC Pictures, mempunyai modal mumpuni untuk tegak berdiri diantara jajaran film-film yang mengambil pendekatan road movie. Betapa tidak, film ini mempunyai Cut Mini (salah satu aktris terbaik di perfilman Indonesia) di lini utama, disutradarai Ody C. Harahap yang berjasa memberi penonton kekacauan seru nan menyenangkan dalam wujud Kapan Kawin? maupun Skakmat, dan premisnya perihal perjalanan darat penuh lika-liku pasangan ibu-anak perempuan yang tidak akur begitu menggiurkan. Jaminan mutu seolah telah jelas ada dalam genggaman. Dengan rilisan pekan lalu bertajuk Wonderful Life yang mengangkat semangat senada – hanya saja aura sentimentilnya lebih pekat – melampaui ekspektasi, ada sejumput euforia menyertai buat sesegera mungkin menyantap Me Vs Mami yang ternyata oh ternyata, sayang beribu sayang, merupakan anggota baru dari klub “film yang kesulitan memenuhi potensi besarnya”. 
 
Diadaptasi dari FTV populer berjudul sama, Me Vs Mami memberi penekanan pada naik turunnya relasi seorang celebrity chef bernama Maudy (Cut Mini) dengan putri semata wayangnya, Mira (Irish Bella), selama perjalanan menuju Payakumbuh, Sumatera Barat. Perjalanan mereka dimulai saat Uci, nenek dari ayah Mira, yang tengah sakit keras menelpon dan meminta Mira untuk menjenguknya lantaran belum pernah melihat secara langsung cucu buyutnya tersebut. Tidak ingin putrinya melancong seorang diri sekaligus sebagai upayanya memperbaiki hubungan dengan Mira yang telah merenggang – meski keduanya lebih disebabkan atas desakkan pihak lain – Maudy mengambil cuti dari pekerjaannya dan menemani Mira bersilaturahmi ke Payakumbuh. Apabila tidak ada aral melintang (jadi nggak seru dong, bu, filmnya!), segala urusan ini bisa saja kelar dalam satu hari. Akan tetapi cobaan mulai datang menghadang tatkala sopir travel yang bertujuan mengantarkan mereka sampai ke tempat tujuan mendadak undur diri karena istrinya hendak melahirkan. Mau tak mau, pasangan ibu anak ini pun mengendarai mobil sendiri berbekal bantuan insting dan GPS yang kemudian menghantarkan mereka pada berbagai macam insiden-insiden konyol yang perlahan tapi pasti turut membantu menyembuhkan luka diantara mereka. 

Jika apa yang kamu butuhkan adalah tontonan eskapisme, Me Vs Mami memenuhinya. Terhitung sedari ditelantarkannya Maudy dan Mira di sebuah rumah makan, kelakar demi kelakar – entah itu mencuat dari celetukan-celetukan dua karakter utamanya maupun situasi-situasi yang tidak mereka harapkan terjadi – menghiasi film yang mayoritas diantaranya bekerja cukup efektif untuk memancing gelak-gelak tawa penonton dalam level “heboh”. Selama setidaknya satu jam pertama dari durasi secara keseluruhan, Me Vs Mami was freaking hilarious. Benar-benar kocak. Satu kelucuan undur diri, kelucuan lain menyelinap masuk menggantikan, dan begitu seterusnya. Dari kagoknya Maudy dalam mengendarai mobil, buang-buang gawai yang dianggap mendistraksi, keliru mengidentifikasi perampok, memporakporandakan sebuah penginapan, menyelamatkan Udo yang berencana menenggelamkan diri, sampai menabrak seekor kerbau yang tengah melintas, tawa boleh dikata terjaga konstan. Serentetan momen komedik ini pun kian mempertegas kualitas keaktoran dari seorang Cut Mini. Performa enerjik Cut Mini, comic timing-nya yang berakurasi jempolan, dan chemistry solid-nya bersama Irish Bella adalah kunci mengapa kelucuan di Me Vs Mami dapat tersampaikan dengan semestinya. 

Ya, tanpa sokongan akting bagus pula meyakinkan Cut Mini sebagai mami-mami yang bawelnya sudah berada di tahapan “tiada ampun lagi”, Me Vs Mami bisa jadi tidak akan semenghibur ini mengingat dua sektor penting lain kurang bergema, yakni penyutradaraan oleh Ody C. Harahap dan skrip olahan Vera Varidia. 30 menit terakhir menjadi saksi bahwa film ini tidak dibangun di atas pondasi cerita kokoh seiring berpindahnya mode film dari ‘riang’ menuju ‘sendu’. Meski sudah diberi ancang-ancang bahwa film akan melembut, tetap saja dibuat tersentak tatkala Me Vs Mami dikuasai situasi dramatis. Bukan karena kekontrasannya, melainkan pada perpindahannya yang sama sekali tak mulus sehingga meninggalkan rasa janggal beserta dipaksakan. Ini masih belum ditambah bagaimana cara si pembuat film mengakhiri Me Vs Mami yang sungguh... menyebalkan (sangat, sangat menyebalkan!). Saking menyebalkannya, saya bahkan sampai ngoceh berpanjang-panjang ke seorang kawan usai menontonnya. Jika filmnya mengecewakan sedari awal, saya tentu tidak ambil pusing mengenai perlakuan terhadap ending. Masalahnya, Me Vs Mami jauh dari kata buruk. Ini road movie yang menyenangkan buat ditonton paling tidak di satu jam pertama sebelum akhirnya laju terburu-buru di sisa durasi membuyarkan potensinya. Maka memperoleh penyelesaian yang memicu reaksi “hah, kok gitu sih?” bukanlah sesuatu yang diharapkan terlebih saat momen ini seharusnya menjadi gong bagi film dan menebus kekacauan di menit-menit sebelumnya. Duh, sayang sekali


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.