News


Selasa, 24 Mei 2016 - 14:23:06 WIB
Blumhouse Productions Ambil Alih Franchise 'Halloween'
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3287 kali

Evil never dies!

Atau dalam konteks ini adalah sang slasher ikonik, Michael Myers, dari serial Halloween.

Semenjak pertama kali diperkenalkan John Carpenter dalam Halloween di tahun 1978, Michael Myers telah meneror banyak orang dalam serangkaian film, baik sekuel ataupun reboot (dan sekuelnya).

Begitu ikoniknya Halloween sehingga dianggap sebagai salah satu tonggak penting dalam sejarah film horor ataupun subgenre slasher. Ia dianggap sebagai pencetus subgenre yang menampilkan sosok pembunuh bertopeng ini. Meski kemudian hadir beberapa franchise lain yang tak kalah populer, seperti Friday The 13th, Nightmare on Elm Street atau Scream, Halloween tetap yang terkemuka. 

Sejauh ini sudah ada 10 judul dalam franchise Halloween, dengan dua judul terakhir, Halloween (2007) dan Halloween II (2009), yang diarahkan oleh Rob Zombie, merupakan bagian dari remake/reboot

Film ke-11 diupayakan untuk dikerjakan namun terus menerus mengalami penundaan hingga tidak terasa satu dekade pun terlewat. 

Sebenarnya film terbaru Halloween tersebut sudah dalam tahap perencanaan, namun karena satu dan lain hal terus tertunda-tunda. Dan akhirnya proyek ini tampaknya akan menemukan jalan untuk benar-benar terealisasi berkat campur tangan Jason Blum dan rumah produksinya, Blumhouse Productions.

Sebagaimana yang kita ketahui nama Blumhouse saat ini tengah mengemuka berkat banyak film horor laris yang telah mereka hasilkan. Sebutlah seperti seri Paranormal Activity, Insidious, Sinister, The Purge, The Visit dan banyak lagi.

Kebetulan Dimension Films yang memegang franchise Halloween selama lebih dari dua dekade terakhir sudah kehilangan haknya, sehingga Miramax kemudian bekerjasama dengan Blumhouse Productions untuk melanjutkan Halloween.

John Carpenter

Carpenter sendiri akan menjabat sebagai produser eksekutif. 38 years after the original Halloween. I’m going to help to try to make the 10th sequel the scariest of them all," kata Carpenter. 

Sebenarnya agak aneh jika dua film versi Zombie dianggap sekuel, karena merupakan proyek remake/reboot, sehingga seharusnya, jika menilik alur fillm-film sebelumnya, film Halloween terbaru ini seharusnya merupakan sekuel ke-8.

Tapi linimasa Halloween memang agak tidak konsisten. Setelah Halloween II (1981), film seharusnya sudah berakhir dengan kematian Michael Myers. Tidak heran jika sekuel ke-2, Halloween III: Season of the Witch (1982) sama sekali tidak berhubungan dengan dua filmnya.

Namun produser menemukan cara agar Halloween bisa meneruskan saganya dengan tiga film berikutnya, Halloween 4: The Return of Michael Myers (1988), Halloween 5: The Revenge of Michael Myers (1989) dan Halloween: The Curse of Michael Myers (1995).

Kemudian untuk menandakan peringatan 20 tahun usia franchise ini, di tahun 1998 hadirlah Halloween H20: Twenty Years Later dimana Jamie Lee Curtis kembali memerankan karakter Laurie Strode setelah dua film pertamanya. Film ini merupakan kelanjutan langsung dari Halloween II dan eksistensi plot dari film-film sebelumnya dianggap tidak ada.

Seharusnya H20 menjadi judul terakhir dengan kematian (lagi) Michael Myers, namun mengingat film sukses di pasaran, tidak heran jika hadir sebuah sekuel berjudul Halloween: Resurrection (2002) yang diniatkan untuk memulai kembali seri ini dengan karakter-karakter baru.

Alih-alih sekuel, justru sebuah remake/reboot yang hadir di tahun 2007. Rencananya film Halloween terbaru adalah kelanjutan dari reboot ini, hanya saja sepertinya orang-orang yang berada di belakang layar memiliki ide yang berbeda

Jason Blum sendiri beranggapan jika sekuel terbaru ini akan sepadan dengan nama besar Halloween yang memiliki jutaan penggemar.

‘Halloween’ is one of those milestone films that inspired everyone at our company to get into the world of scary movies. The great Malek Akkad and John Carpenter have a special place in the hearts of all genre fans and we are so excited that Miramax brought us together. We cannot wait to find and collaborate with the right filmmaker to give ‘Halloween’ fans the movie they deserve.”

Blumhouse dan Miramax merancanakan Halloween terbaru dirilis di tahun 2017 meski belum ada tanggal rilis yang definitif. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.