News


Sabtu, 23 April 2016 - 22:03:03 WIB
10 Film Pilihan Europe On Screen 2016
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 4965 kali

Europe On Screen (EoS) ke-16 akan segera digelar. Festival film tahunan ini akan kembali memutar film-film berkualitas dari berbagai negara Eropa untuk dapat disaksikan oleh penikmat film di Indonesia.

Ada sekitar 78 film karya para sineas terkemuka Eropa yang siap untuk ditayangkan di EoS tahun ini akan berlangsung mulai tanggal 20 April hingga 9 Mei 2016 dan diadakan di 6 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan.

Berbagai film dalam EoS2016 akan dibagi ke dalam enam segmen penayangan, yaitu Xtra Section, Discovery, Documenter, Retro/Focus, Family dan Open Air (layar tancap).

Tentunya banyak sekali memang film yang akan dipertontonkan di EoS tahun ini. Jika memang memiliki kelegaan waktu, tentunya bisa menyaksikan semua film yang diagendakan.

Namun demikian, jika memang harus memilih, berikut ini ada 10 film pilihan yang bisa dikategorikan wajib tonton di EoS ke-16 ini.

Dan inilah mereka:


TWO DAYS, ONE NIGHT (2014)

Deux jours, une nuit

 
Sutradara : 
Jean-Pierre Dardenne, Luc Dardenne
Pemain : 
Marion Cotillard, Fabrizio Rongione, Catherine Salée
Negara:
Belgia
Segmen:
Discovery
Sinopsis:
Sandra, menikah dan memiliki 2 anak, baru tahu bahwa selama dia cuti sakit, mayoritas rekan kerjanya memilih dirinya untuk diberhentikan agar mereka bisa mendapatkan bonus tahunan. Hanya pada akhir pekan itu Sandra punya waktu untuk meyakinkan rekan-rekannya untuk melepas bonus agar ia bisa tetap bekerja. Dari premis yang sederhana ini Dardenne bersaudara menelurkan drama luar biasa tentang pentingnya komunitas dalam dunia yang makin impersonal.


45 YEARS (2015)

Sutradara : 
Andrew Haig
Pemain : 
Charlotte Rampling, Tom Courtenay, Geraldine James
Negara:
Inggris
Segmen:
Xtra
Sinopsis:
Seminggu menjelang ulang tahun ke-45 pernikahan Kate dan Geoff Mercer, Geoff menerima sepucuk surat. Jenazah cinta pertamanya telah ditemukan, terawetkan karena membeku di dalam gletser Alpen Swiss. 

Ketika pesta dilangsungkan lima hari kemudian, pernikahan mereka sudah di ambang perpecahan. Potret intim dari pernikahan yang diguncang oleh apa yang tidak dibicarakan.


TIMBUKTU (2014)

Timbuktu (Le Chagrin des oiseaux)

Sutradara : 
Abderrahmane Sissako
Pemain : 
Ibrahim Ahmed, Abel Jafri, Toulou Kiki
Negara:
Prancis
Segmen:
Dicovery
Sinopsis:
Timbuktu senyap, pintu-pintu tertutup, jalanan kosong. Fundamentalis agama menguasai wilayah. Tak ada musik, tawa, rokok, warna cerah, bahkan sepak bola dilarang.
Di padang pasir, jauh dari kekisruhan, Kidane dan keluarganya terhindar dari teror yang mencengkeram di Timbuktu. Takdir mereka berubah tatkala Kidane dengan tak sengaja membunuh Amadou. Dia harus berhadapan dengan hukum baru yang dibawa para pendatang.

THE LOBSTER (2015)

Sutradara : 
Yorgos Lanthimos
Pemain : 
Collin Farell, Rachel Weisz, John C. Reilly, Léa Seydoux
Negara:
Irlandia
Segmen:
Dicovery
Sinopsis:
Kisah cinta yang berlangsung di masa depan di mana mereka yang lajang, menurut aturan Kota, ditangkap dan dipindahkan ke Hotel. Di sana mereka harus menemukan pasangan dalam waktu 45 hari.

Jika gagal, mereka berubah menjadi hewan yang mereka tentukan sendiri dan dilepas ke Hutan. Seorang laki-laki yang putus asa melarikan diri dari Hotel ke Hutan di mana para Bujangan tinggal dan jatuh cinta, walaupun itu bertentangan dengan aturan.


FORCE MAJEURE (2014)

Turist

Sutradara : 
Ruben Östlund
Pemain : 
Johannes Kuhnke, Lisa Loven Kongsli, Clara Wettergren
Negara:
Swedia
Segmen:
Xtra
Sinopsis:
Sebuah keluarga Swedia sedang bermain ski di Alpen Perancis. Saat makan siang mereka melihat terjadinya longsoran salju. Orang-orang berlarian ke segala arah. Ebba memanggil suaminya, Tomas, sementara dia mencoba melindungi anak-anaknya, namun Tomas sudah lebih dulu melarikan diri…

Bencana ternyata tidak terjadi, tapi keputusan Tomas akan mengguncang keras perkawinan mereka, mengharuskan ia berjuang mendapatkan posisinya kembali sebagai kepala keluarga.



A PIGEON SAT ON A BRANCH REFLECTING ON EXISTENCE (2014)

En duva satt på en gren och funderade på tillvaron

Sutradara : 
Roy Andersson
Pemain : 
Holger Andersson, Nils Westblom, Viktor Gyllenberg
Negara:
Swedia
Segmen:
Discovery
Sinopsis:
Sutradara ulung Swedia, Roy Andersson, kembali dengan komedi absurd dan surealistis, yang berpindahpindah tanpa aturan dari kenyataan ke mimpi buruk ke khayalan. 

Film ini mengikuti Sam dan Jonathan, dua penjaja keliling yang selalu gagal mendapat pembeli untuk alat-alat keperluan melawak yang mereka jual (gigi vampir, kantung tertawa dan topeng monster).
Di sini tidak ada alur cerita utama yang lazim, namun semua adegan saling terhubung.



TABU (2012)

Sutradara : 
Miguel Gomes
Pemain : 
Ana Moreira, Laura Soveral, Teresa Madruga, Carloto Cotta
Negara:
Portugal
Segmen:
Discovery
Sinopsis:
Seorang wanita tua temperamental, pembantunya, dan seorang tetangga yang perduli dengan pendapat orang lain tinggal di lantai yang sama di sebuah apartemen di Lisbon.

Setelah wanita itu wafat, dua orang lainnya menggali masa lalu wanita itu: kisah cinta dan kejahatan yang terjadi di Afrika. Sebuah kisah tentang laki-laki yang berhubungan rahasia dengan wanita itu tatkala ia menjadi pemilik pertanian di kaki Gunung Tabu di Afrika.

Sebuah kisah dari film petualangan.


IN ORDER OF DISAPPEARANCE (2014)

Kraftidioten

Sutradara : 
Hans Petter Moland
Pemain : 
Stellan Skarsgård, Bruno Ganz, Pål Sverre Valheim Hagen
Negara:
Norwegia
Segmen:
Xtra
Sinopsis:
Dalam komedi-aksi yang menghibur ini Nils adalah seorang pengemudi kendaraan penyapu salju di pegunungan terpencil Norwegia. Untuk itu, dia baru saja diberi gelar Warga Kehormatan Tahun Ini. Ketika anak laki-lakinya terbunuh dia memulai sebuah penyidikan.

Hal ini membawanya ke tengah perang narkoba antara mafia Norwegia dan Serbia. Nils tidak punya beban. Dengan peralatan beratnya dan keberuntungan pemula dia menghadapi meraka.


CALVARY (2014)

Sutradara : 
John Michael McDonagh
Pemain : 
Brendan Gleeson, Chris O’Dowd, Kelly Reilly
Negara:
Irlandia
Segmen:
Discovery
Sinopsis:
James adalah pastor yang baik, berniat menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Dalam sebuah pengakuan dosa di bilik tertutup, seorang jemaat berkata bahwa ia akan membunuh James justru karena dia tidak melakukan kesalahan.

Dalam seminggu berikutnya James berkeliling untuk membantu para jemaat sambil mencari tersangka calon pembunuh dirinya. Persiapannya untuk kematian menjadi lebih rumit dengan kedatangan anak perempuannya yang rapuh.


YOUTH (2015)

La giovinezza

Sutradara : 
Paolo Sorrentino
Pemain : 
Michael Caine, Harvey Keitel, Rachel Weisz, Jane Fonda
Negara:
Italia
Segmen:
Xtra
Sinopsis:
Fred dan Mick, dua teman lama yang hampir berusia 80, menikmati liburan di hotel yang elok di kaki pegunungan Alpen.

Mick, seorang sutradara, tengah menyelesaikan skenario yang ia bayangkan akan menjadi film terakhirnya yang penting, sedangkan Fred, seorang pensiunan komponis dan konduktor, tidak bermaksud menekuni karier musiknya lagi. Lalu Ratu Elizabeth II mengundangnya untuk tampil pada ulang tahun Pangeran Philip.

 

Untuk jadwal penayangan, daftar film, atau venue, lengkapnya bisa dilihat di europeonscreen.org.

Selamat berfestival!


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.