News


Minggu, 14 September 2014 - 17:25:56 WIB
Daftar Pemenang Apresiasi Film Indonesia 2014
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1686 kali

Akhirnya rangkaian Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014 pun berakhir dengan diumumkannya daftar peraih Piala Dewantara sebagai simbol apresiasi terbaik ajang ini, dalam acara Malam Penganugerahan Apresiasi Film Indonesia, yang berlangsung di halaman depan Istana Maimun, Medan, pada tanggal 13 September 2014. 

Malam Penganugerahan Apresiasi Film Indonesia ini sekaligus sebagai puncak acara setelah sehari sebelumnya dilakukan berbagai agenda pendukung, seperti pameran sejarah film dan bioskop di Indonesia, workshop film bersama Angga Dwimas Sasongko (Cahaya Dari Timur) dan pawai artis melintasi ruas jalan utama kota Medan yang berakhir di kediaman Gubernur Sumatera Utara. 

Sementara di Sabtu pagi dilakukan acara  meet & greet ke SMA Negeri I Medan dan SMA Swasta Methodist I Medan yang diikuti oleh beberapa artis seperti Joko Anwar (yang juga merupakan alumni SMA Negeri I), Fachri Albar, Reuben Elishama, Poppy Sovia, Lukman Sardi, Chicho Jerico, Jajang C. Noer serta Robby Ertanto sebagai Ketua Pelaksana acara.


Malam Penganugerahan Apresiasi Film Indonesia yang seharusnya berlangsung pada pukul 20.00 WIB ini menjadi sedikit tertunda dengan derasnya hujan yang membahasi lokasi acara semenjak sore hari. Tidak heran jika ada sedikit perubahan dalam agenda acara pelaksanaannya.

Syukurlah hujan perlahan mereda dan acara yang sempat mengalami penundaan pun bisa dilangsungkan dengan baik. Menjelang pukul 21.00 WIB hujan sudah benar-benar berhenti dan acara pun kemudian bisa terlaksana dengan semestinya.

Barisan artis hadir untuk membacakan daftar nominasi, yaitu Adinia Wirasti, Wulan Guritno, Marcella Zalianty, Poppy Sovia, Jajang C. Noer, Eva Celia, Nia Zulkarnaen, Dewi Irawan, Tamara Tyasmara, Alex Komang, Ari Sihasale, Chicho Jerico, Fachri Albar, Joko Anwar, Lukman Sardi, Riri Riza dan Tio Pakusadewo.

Semakin istimewa dengan persembahan istimewa yang memadukan antara nyanyian, monolog dan permainan instrumen musik oleh Widyawati, Marini Soerjosoemarno, Niniek L. Karim dan Reuben Elishama yang merupakan persembahan istimewa sebagai persembahan kepada maestro biola Indonesia, idris Sardi. Dalam segmen yang bertajuk "Film & Musik: Tribute to Idris Sardi", beberapa lagu populer dihadirkan dan dibawakan dengan sangat menghayutkan. Ditutup dengan penampilan Lukman Sardi, putra sang maestro, yang memainkan biola.

Hadir juga Happy Salma sebagai wajah AFI 2014 dan Raline Shah, yang merupakan salah satu putri daerah Medan, sebagai host. Penampilan musikal istimewa dibawakan duo bubugiri, Gabriel Harvianto dan juga Lea Simanjuntak, yang diiringi musik oleh Dwiki Darmawan, membawakan lagu-lagu populer dari beberapa film untuk menghibur para peonton.

Dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih 1.5 jam dan dipandu oleh Olga Lidya dan Donny Kusmanhadji, serta disiarkan secara langsung oleh TVRI Nasional ini, terpilih judul film 'Sebelum Pagi Terulang Kembali' karya Lasja F. Susatyo, sebagai pemenang Piala Dewantara Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop dan 'Something in the Way' karya Teddy Soeriaatmadja, sebagai pemenang Piala Dewantara Apresiasi Film Cerita Panjang Non Bioskop.


Dan berikut daftar lengkap pemenang Piala Dewantara Apresiasi Film Indonesia 2014:

A. PENGHARGAAN UTAMA

Film Cerita Panjang Bioskop : Sebelum Pagi Terulang Kembali (Cangkir Kopi)
Film Cerita Panjang Non Bioskop : Something in the Way (Karuna Pictures)
Film Pendek : Maryam (Bioskop Merdeka Film)
Film Dokumenter : Marah Di Bumi Lambu (Forum Lenteng)
Film Animasi : Pret (Lanting Animation)
Apresiasi Film Anak : Sepatu Dahlan (Mizan Productions)

B. PENGHARGAAN KHUSUS

Sutradara Perdana : Anggun Priambodo (Rocket Rain, Babibuta Film)
Poster Film : Sebelum Pagi Terulang Kembali (Cangkir Kopi)
Film Independen Pelajar : Penderes dan Pengidep (Papringan Pictures)
Film Independen Mahasiswa : Sepatu Baru (Institut Kesenian Makassar)
Komunitas : Komunitas Tikar Pandan (Aceh) 
Festival Film : Festival Film Dokumenter Yogyakarta
Pendidikan Film : Kampung Halaman (Yogyakarta)
Media Cetak : Majalah Tempo
Media Non Cetak : Cinema Poetica

Piala Adi-Karya : Harimau Tjampa (1950) - Sutradara H. Djajakusuma 
Piala Adi-Insani : Gotot Prakosa 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.