News


Selasa, 02 September 2014 - 21:34:45 WIB
‘The Maze Runner’ Film Pertama Dalam Format Panorama Baru
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 10540 kali

Cinerama merupakan salah satu format presentasi visual film dimana tiga proyektor 35mm secara simultan disorotkan ke layar cekung yang lebar yang membujur 146° dan kemudian menciptakan tampilan panorama yang luas. Dipertontonkan pertama sekali di tahun 1952, selama dua dekade kemudian format ini masih menjadi pilihan eksibisi film. Sayangnya kepopuleritasnya semakin menurun seiring dengan munculnya format-format baru.

Kini Barco, produsen hardware khusus display untuk format digital, mengembangkan sebuah konsep baru yang disebut dengan Escape, dimana dua layar tambahan diposisikan di tiap sisi layar utama untuk mengkreasikan visual panorama. Auditorium Escape pertama telah selesai dikerjakan dan sebagai film pertama yang ditampilkan dalam format ini adalah film thriller remaja 'The Maze Runner'.

Untuk melihat apa dan bagaimana sebenarnya Escape, bisa dilihat di video berikut:

'The Maze Runner' dikerjakan dengan format tradisional, sebagaimana yang awam dipakai sekarang ini, tapi pihak studio kemudian memilih untuk juga menggunakan format Escape untuk lebih memberi penekanan pada aspek visual film yang memang mengandalkan aspek tampilan panoramatis. Terutama lagi karena film berseting sebuah labirin raksasa, sehingga pemakain Escape diharapkan mampu memberi kedalaman daripada tampilan format biasa.

Meski Escape mungkin menjadi versi perbaikan dari Cinemarama, akan tetapi kemungkinan besar format ini juga akan menemui permasalahan yang sama, dimana diperlukan modal yang besar untuk menderikan bioskop yang memiliki format ini dan juga potensi untuk menarik minat penonton.

Tapi tentunya saja Escape masih harus diperlihatkan terlebih dahulu ke khalayak ramai sebagai penguji kekuatannya sebagai salah atraksi visual. Dan semoga saja 'The Maze Runner' bisa menjadi film pertama yang membuat format ini disukai publik.

Mengutip The Hollywood Reporter, ini adalah beberapa bioskop Escape pertama di Amerika:

  • Cinemark 18 & XD, Promenade, Howard Hughes Center, Los Angeles
  • Cinemark Paradise 24 & XD, Davie, Florida
  • Cinemark Legacy Theatre & XD in Plano, Texas
  • Cinemark @ Seven Bridges & Imax in Woodridge, Illinois
  • Cinemark’s Redwood Downtown & XD, Redwood City, California

'The Maze Runner' akan tayang pada tanggal 11 September 2014. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.