News


Jumat, 29 Agustus 2014 - 10:55:07 WIB
Oldboy
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2639 kali

Plot Oldboy versi Spike Lee mempunyai lubang menganga yang mungkin saja sebuah truk gandeng bisa muat di dalamnya. Lubang yang pada Oldeuboi, film kreasi Park Chan-wook di tahun 2003, dapat dihindarkan berkat pemilihan detil yang tepat.

Sebagaimana umumnya sebuah remake, Oldboy terkini ini mencoba untuk tampil lebih baik, memoles versi asli dengan substitusi yang (dirasa) lebih bagus, tapi tetap saja kehilangan nyawa grittiness dan sinisme juga tekstur cerita yang kaya lapisan, sebagaimana milik Chan-wook. Ini yang membuat Oldboy 2013 pada beberapa titik terasa kering dengan atmosfir dan “lurus”.

Bukan berarti Spike Lee tidak menjalankan tugasnya dengan kredibel. Oldboy memiliki pace yang cukup terjaga. Dan sebagai thriller, suspensi dan intensitas juga dibangun dengan konsisten. Masalah terbesar terletak pada pergerakan plot yang terkadang terlihat konyol dan dangkal.

Tentu saja plot tentang seorang pria yang disekap selama 20 tahun dan tiba-tiba dibebaskan terasa komikal. Sumber asli memang berawal dari manga karya Garon Tsuchiya dan Nobuaki Minegishi. Tapi ia juga seharusnya sebuah thriller psikologis yang gelap dan menohok. Oldboy dalam perspektif Lee adalah sebuah matinee thriller yang gampang dilupakan.

Trio Josh Brolin, Elizabeth Olsen dan Sharlto Copley mungkin penyelamat terbesar dari blunder yang dilakukan oleh Oldboy. Dan oh, mugkin juga pilihan Lee untuk mengimbuhi filmnya dengan semangat Hitchcock, lengkap dengan skoring Bernard Herrmann-esque. Dengan ini setidaknya Oldboy adalah thriller yang masih cukup enak buat disantap.

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.