Feature


Senin, 23 November 2020 - 21:28:54 WIB
Netflix Gelar Webinar Penulisan Skenario Film untuk Kreator Indonesia
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 418 kali

Netflix, layanan streaming hiburan terkemuka di dunia, hari ini  mengadakan workshop virtual penulisan skenario film dengan pembicara Christopher Mack,  Director, Creative Talent Investment & Development Netflix. Lebih dari 400 kreator lokal  berpartisipasi di sesi workshop yang digelar tanpa biaya dan belajar bagaimana membuat dan  mendokumentasikan ide-ide film berdasarkan pengalaman terbaik dari para penulis cerita  andal. Workshop ini merupakan bagian dari komitmen jangka-panjang Netflix untuk  mendukung pertumbuhan industri kreatif lokal melalui inisiatif Creative Capacity Development (Pengembangan Kapasitas Kreatif) yang disepakati di awal tahun bersama Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan. 

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan, mengatakan, “Tumbuhnya layanan streaming sejak beberapa tahun terakhir  membuka banyak peluang bagi terjadinya transfer pengetahuan dan pengembangan  kapasitas. Melalui workshop ini, sineas lokal dapat belajar lebih dalam tentang penulisan  skenario dari para profesional yang memiliki pengalaman panjang di industri film maupun  televisi. Tidak hanya itu. Melihat banyaknya penulis skenario berpengalaman yang  berpartisipasi, saya yakin workshop ini dapat menjadi platform untuk saling berbagi ilmu dan  berdialog.” 

Christopher Mack, Director, Creative Talent Investment & Development Netflix,  mengatakan, “Pandemi membuat orang berhenti bepergian dan mereka memuaskan hasrat  tersebut dengan menonton konten dari seluruh dunia. Batas-batas wilayah yang pernah ada  kini telah runtuh. Inilah saatnya bagi para penulis untuk menuliskan apa yang ingin mereka  ceritakan tentang kebudayaan mereka dan saatnya bagi penonton untuk dihibur dengan  cerita-cerita tersebut.” Christopher menambahkan, “Ada banyak sekali cara untuk membuat  cerita menarik, salah satunya adalah dengan mempelajari kesuksesan para penulis lain.  Anggap itu sebagai masukan yang berguna untuk tulisan kita, tapi pilih lagi mana yang benar benar sesuai untuk kita aplikasikan ketika membuat sebuah karya. Ingat, semakin otentik  cerita kita, semakin relevan cerita tersebut bagi orang lain. Yang kami cari di Netflix adalah  konten dengan karakter yang kuat, karena karakterlah yang akan membuat penonton  merasakan koneksi, bukan plot.”  

Salman Aristo, Ketua Asosiasi Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR)  mengatakan, “Workshop ini memberikan kombinasi yang baik antara wawasan baru dan yang  sudah ada bagi para penulis skenario tentang bagaimana menyampaikan cerita mereka  dengan efektif. Perspektif yang dibagikan pembicara, terutama tentang pentingnya  mendesain karakter yang berhubungan dan sifat emosional mereka, sangat berharga dan  menyegarkan karena disampaikan oleh Netflix, sebuah perusahaan streaming terbesar  dengan berbagai konten yang relevan dan digemari banyak orang.” Salman menambahkan,  “Inilah yang kami butuhkan sebagai kreator dan saya pikir Netflix telah menetapkan standar  yang tinggi bagi layanan streaming lainnya. Semoga akan ada lebih banyak program lagi  seperti ini kedepannya untuk dapat membantu kreator lokal mencapai standar kualitas yang  tinggi itu.” 

Lewat kemitraan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Netflix terus mendukung  pengembangan kapasitas insan perfilman di Indonesia melalui serangkaian program  termasuk workshop pascaproduksi, webinar Akatara berkolaborasi dengan BPI, APROFI, dan 

MPA yang telah dilaksanakan belum lama ini. Sejak kehadirannya di Indonesia pada 2016,  Netflix secara aktif menaruh kepercayaan pada sineas Indonesia melalui berbagai bentuk  kerja sama dengan mitra lokal, seperti Starvision, Falcon Pictures, Visinema Pictures, Lifelike  Pictures, MILES Films, dan BASE Entertainment. Netflix juga telah menambahkan lebih dari  100 judul film ke dalam katalog film Indonesia, dan baru-baru ini menandatangani kerja sama  produksi 2 film dari Indonesia yang rencananya akan tayang di 2021. 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.