Feature


Jumat, 08 September 2017 - 19:15:54 WIB
'Mau Jadi Apa?' Soroti Perjalanan Hidup Soleh Solihun
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 775 kali

Komika Soleh Solihun baru saja merampungkan proses produksi dari film perdananya sebagai sutradara, Mau Jadi Apa?. Film produksi Starvision bersama Mizan tersebut berceloteh mengenai sepenggal perjalanan hidup Soleh Solihun saat dia menimba ilmu di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung, sekaligus berkecimpung dalam dunia jurnalistik kampus.

Kala menggarap Mau Jadi Apa?, Soleh didampingi oleh Monty Tiwa yang pernah mengarahkannya di Shy Shy Cat. Pembagian tugasnya, Soleh mengurus tetek bengek yang berkaitan dengan pengadeganan sementara Monty berurusan dengan masalah teknis. Monty dipilih berdasarkan rekomendasi dari Soleh yang merasa mereka memiliki kesamaan visi. Selain itu, proses yang serba cepat membuat dia butuh pendamping.

"Waktu yang disediakan Starvision sangat pendek. Saya mulai membuat film ini sebelum Lebaran kemarin, kira-kira bulan Juni atau Juli. Tahu-tahu ada omongan, 'Oke kita produksi Agustus'. Intinya, saya dikasih waktu sebulan buat menyiapkan. Sebetulnya itu waktu yang tidak ideal untuk sebuah produksi film. Tapi untungnya, Starvision dan Mizan tidak mengekang saya. Kalau bicara konteks kebebasan berkreasi, saya dikasih kebebasan hampir 90 persen," ungkapnya. 

Mau Jadi Apa? sendiri merupakan dramatisasi dari kehidupan Soleh semasa kuliah sedari tahun 1997 hingga 2003. Kala itu, Soleh bersama kawan-kawannya merasa kebingungan dengan rencana masa depan lantaran masih buta soal jalur yang ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain itu, tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar area Jatinangor yang digambarkannya terpencil. Di tengah keterpurukan, Soleh pun berinisiatif membuat majalah kampus.

"Secara spesifik, flm ini bercerita tentang pengalaman saya di masa kuliah dan benang merahnya ke pengelolaan pers mahasiswa di Fikom Unpad. Kalau tema besarnya, soal pencarian jati diri sekelompok anak muda yang tidak tahu masa depan mereka akan dibawa ke mana, kuliah buat apa, dan terus mau ngapain," pungkas Soleh.

Disamping menduduki kursi penyutradaraan, Soleh juga terlibat dalam penggarapan naskah bersama Agasyah Karim dan Khalid Kasogi, sekaligus ikut berlakon di depan layar. Lawan main Soleh di Mau Jadi Apa? meliputi Boris Bokir, Karina Suwandi, Aurellie Mouremans, Anggika Bolsterli, Adjis Doaibu, Andi 'Awwe' Wijaya, dan Ricky Wattimena.

Menurut rencana, Mau Jadi Apa? akan dirilis di bioskop-bioskop tanah air pada bulan November mendatang.  

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.