Feature


Jumat, 22 April 2016 - 15:08:23 WIB
Europe on Screen 2016 Siap Untuk Digelar
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3214 kali

Agenda festival film tahunan di Indonesia tidak lengkap tanpa kehadiran Europe On Screen (EoS). Maka tahun ini, untuk ke-16 kalinya, EoS akan kembali membawa film-film dari berbagai wilayah di Eropa untuk disaksikan para penikmat film di Indonesia.

Dalam konferensi pers EoS yang dipandu oleh Direktur Festival EoS 2016, Orlow Seunke dan berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2016), diketahui jika akan ada sekitar 78 film karya para sineas terkemuka Eropa yang siap untuk ditayangkan.

EoS tahun ini akan berlangsung mulai tanggal 20 April hingga 9 Mei 2016 dan diadaka di 6 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan.

Semua pemutaran tidak ada pemungutan biaya alias gratis. Cukup datang satu jam sebelum pemutaran film berlangsung untuk mendapatkan tiketnya.

EoS2016

Berbagai film dalam EoS2016 akan dibagi ke dalam enam segmen penayangan, yaitu Xtra Section, Discovery, Documenter, Retro/Focus, Family dan Open Air (layar tancap).

Akan ada 6 lokasi pemutaran untuk wilayah Jakarta, yaitu Erasmus Huis, Goethe Haus, Institut Francais Indonesia (IFI), Istituto Italiano di Cultura, Art Cinema TIM - IKJ, dan Bintaro Jaya Xchange Mall. Di samping itu akan ada sesi Q&A bersama beberapa pembuat film yang filmnya ditayangkan.

Beberapa film yang telah wara-wiri di berbagai festival film internasional, seperti Academy Awards, Cannes, Berlinale atau Venice Film Festival, dapat disaksikan, di EoS tahun ini, seperti Two Days One Night, Youth, 45 Years, Timbuktu, The LobsterForce MajeureA Pigeon Sat on a Branch Reflecting on Existence, Tabu, In Order of Disappearance, Calvary, dan The Little Prince.

Selain film-film "kekinian", EoS juga akan menghadirkan berbagai film klasik untuk ditayangkan, seperti Macbeth (1971) karya Roman Polanski atau Romeo and Juliet (1968) karya Franco Zeffirelli. Film-film klasik ini merupakan bagian dari segmen Retro/Fokus.

Dan akan ada 28 film pendek karya pionir film fantasi George Méliès, yang istimewanya akan ditayangkan dengan iringan skor musik yang dikerjakan oleh Trinity Youth Symphony Orchestra. Untuk pemutaran sesi berjudul George Méliès Program ini EoS bekerja sama dengan Sjuman School of Music.

Untuk jadwal penayangan, daftar film, atau venue, lengkapnya bisa dilihat di europeonscreen.org

Selamat berfestival!


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.